5 Manfaat Centella Asiatica untuk Wajah Pada MeFree Serum

skincare yang mengandung centella asiatica

Tentu sudah bukan rahasia lagi manfaat centella asiatica untuk wajah. Tumbuhan dengan segudang kandungan bermanfaat ini kerap digunakan dalam skincare terutama untuk anti-aging. Namun jangan salah ya Beauties, skincare yang mengandung Centella Asiatica kini tidak hanya digunakan untuk produk anti-aging saja, loh. Belakangan ini, kandungan Centella Asiatica juga kerap digunakan untuk skincare acne atau kulit berjerawat.

Tapi tahu nggak sih apa saja manfaat dari daun Centella ini?

Nah, kebetulan banget kali ini aku lagi nyobain Acne Serum CENTELLA MEFREE. Produk besutan 20MeFree ini merupakan salah satu brand skincare lokal pendatang baru, lho. Eits, tapi jangan salah, meski brand lokal, namun 20MeFree hadir dengan terobosan baru yaitu teknologi Centella SS Even Skin+.

Apa itu teknologi Centella SS Even Skin+? Yuk langsung kita simak yuk, serta aja apa saja kelebihan dan kekurangan Centella MeFree Acne Serum, ya.

Acne Serum CENTELLA MEFREE, Skincare yang Mengandung Centella Asiatica

Sebelumnya, kita kenalan dulu yuk dengan 20MeFree. Brand 20MeFree adalah salah satu brand lokal yang berhasil menelurkan 3 serum dengan time release technology, yaitu Brightening Serum Licorice Mefree, Anti-Aging Serum Salmon DNA Mefree, dan Acne Serum Centella Mefree.

Tapi kali ini saya hanya akan membahas yang Acne Serum Centella Mefree, ya.

Acne Serum Centella Mefree mengandung 3 bahan aktif yakni Salicylic Acid, Centella Asiatica, dan Tea Tree Oil.

Manfaat Centella Asiatica untuk Wajah

Daun Centella Asiatica memang memiliki segudang manfaat untuk wajah. Namun FYI, selain digunakan sebagai kandungan utama skincare, daun Centella Asiatica atau yang sering disebut daun Kaki Kuda ini konon dapat dikonsumsi sebagai makanan, baik ditumis maupun untuk campuran sayur urap. Setiap daerah pun memiliki sebutan berbeda untuk daun centella ini, antara lain: Antanan dikenal di daerah Jawa barat, Pegaga di daerah Aceh, Ampagaga daerah Medan, Taiduh daerah Bali, dan di Jawa katanya disebut Gagan-Gagan. Meski begitu, jujurly aku tetap asing dengan sebutan-sebutan tersebut serta tidak familiar dengan tanaman ini.

Anyway, balik lagi kita bahas manfaat Cantella Asiatica untuk wajah, ya. Kandungan saponin, flavonoid, phenolic acid, dan terpenoid pada daun Cantella memiliki manfaat antara lain: menjaga kelembapan kulit, mengurangi peradangan, mencegah dan mengurangi kerusakan kulit, mempercepat penyembuhan luka pada kulit, Mencegah stretch marks dan mengurangi selulit.  (Sumber: alodokter.com).

Sekadar informasi, meski kandungan Centella memiliki banyak manfaat kebaikan, tapi juga jangan salah dalam penggunaannya agar mendapat efek yang optimal. Hindari penggunaan skincare yang mengandung centella asiatica secara bersamaan dengan skincare yang memiliki kandungan Niacinamide. Penggunaan kedua bahan aktif ini secara bersamaan akan memicu terjadinya iritasi pada kulit. Hal ini juga berlaku pada skincare dengan kandungan bahan aktif pada umumnya, ya.

So, sebaiknya tidak menggunakan skincare berbahan aktif secara bersamaan ya beauties.

Manfaat Salicylic Acid & Tea Tree Oil

Salicylic Acid bermanfaat untuk mengangkat komedo dan minyak berlebih pada pori-pori kulit. Sementara Tea Tree Oil berperan sebagai antibakteri yang dapat membantu mengurangi peradangan pada jerawat.

Time Release Technology Centella SS Even Skin+

Ini dia terobosan baru yang keren dari serum 20Mefree, yakni teknologi “time release”. Teknologi time release ini adalah teknologi dengan sistem penyerapan secara bertahap. Hal tersebut memiliki keuntungan dapat meningkatkan efisiensi penyerapan bahan aktif pada kulit. Selain itu, dengan adanya teknologi ini, bahan aktif yang terserap tidak berlebihan sehingga mencegah terjadinya iritasi atau efek samping bahan aktif.

Review Acne Serum CENTELLA MEFREE

Setelah menggunakan acne serum Centella Mefree selama kurang lebih seminggu, saya bisikin review produknya ya temans.

moisturizer yang mengandung centella asiatica

Kemasan dan Harga Centella Mefree

Pertama kita bahas kemasannya dulu, nih. Kemasan Acne Serum Centella Mefree adalah botol gelas bening yang tebal dengan tutup pipet. Bodi botol bertuliskan brand yaitu 20Mefree dan nama produk yakni Centella Mefree. Selain brand dan nama produk, bodi botol juga tersemat bahan aktif, neto isi sebanyak 20 ml, juga nomor batch produksi sekaligus tanggal kadaluwarsanya.

Sayangnya, karena font yang digunakan tipis, jadi tulisan agak susah dibaca. Hehe. Tapi ini hanya opini pribadi, ya.

Untuk kemasan luarnya, agak unik. Dan cantik. Karton box dirancang berbentuk seperti laci dengan warna dasar hijau yang identik dengan daun Centella. Anti mainstream sih menurut saya, karena kemasan skincare dengan desain wadah seperti ini belum banyak.

Dengan isi produk cukup banyak untuk ukuran serum, yakni 20 ml. Juga desain kemasan karton yang kece ini. 20Mefree mematok harga 95 ribu rupiah untuk Acne Serum Centella Mefree.

Tekstur dan Warna Centella Mefree

Untuk tingkat kekentalan serum dibanding beberapa serum dari brand lokal, Acne Serum centella Mefree ini lumayan kental, namun tidak sampai pada level pekat, ya. Sedangkan untuk warna serumnya adalah bening dan terdapat bubble-bubble kecil.

Untuk aromanya, serum ini beraroma herbs yang segar. Tidak mengandung fragrance karena tidak wangi, namun juga tidak berbau apek. Untuk pemilik hidung rewel seperti saya, aroma serum ini aman terkendali.

skincare centella asiatica lokal

Kandungan Centella Mefree

Seperti nama yang tersemat yaitu Centella Mefree, tentu saja serum ini adalah skincare yang mengandung centella asiatica sebagai bahan aktif utamanya. Keunggulan Acne Serum Centella Mefree dengan acne serum berbahan aktif yang sama lainnya adalah hadirnya Centella SS Even Skin+. Yakni Time Release Technology sebagai terobosan baru yang dapat menenangkan kulit sehingga kulit siap menyerap kandungan skincare dengan lebih optimal juga meminimalkan iritasi.

Namun selain centella, acne serum besutan 20Mefree ini juga mengandung dua bahan aktif lainnya yaitu Salicylic Acid encapsulation yang berteknologi time release juga. Sehingga memudahkan penetrasi dalam kulit agar bekerja secara optimal membersihkan komedo serta minyak berlebih dalam pori-pori kulit.

Sedangkan kandungan bahan aktif Tea Tree Oil bekerja sebagai antibakteri yang dapat membantu mengatasi peradangan pada jerawat.

By the way, Centella Mefree juga sudah terdaftar dan bernomor BPOM ya beauties. Jadi jangan khawatir lagi dengan keamanan kandungan lainnya.

Cara Penggunaan Centella Mefree

Cara penggunaannya sama seperti serum pada umumnya. Teteskan serum pada telapak tangan secukupnya, saya biasanya 3-4 tetes. Lalu ratakan pada wajah menggunakan dua jari sambil ditepuk-tepuk ringan.

Jangan lupa bersihkan wajah terlebih dahulu dengan deep cleansing, dan gunakan toner wajah untuk menetralkan pH kulit agar dapat menyerap kandungan serum secara optimal.

My Impression

Saya pernah membaca sebuah artikel, bahwa kulit kering dan kulit berjerawat adalah kulit yang dehidrasi. Sehingga membutuhkan pelembab untuk dapat menghidrasi kulit dengan baik. Kandungan Centella Asiatica pada Centella Mefree ini cukup mampu melembapkan kulit saya dan membuat kulit lebih kenyal.

Karena kulit saya tidak jerawatan, jadi efek menyembuhkan jerawat pada serum ini tidak bisa saya review, ya bestih. Hanya saja, setelah menggunakan serum ini sekitar satu minggu, komedo nakal yang suka nangkring di bagian hidung saya mulai berkurang. Bagian lipatan cuping hidung yang biasanya kering dan mengelupas juga berangsur membaik.

Baiklah, segini dulu review skincare yang mengandung centella asiatica dari 20Mefree, Acne Serum Centella Mefree. Buat yang memiliki masalah kulit berjerawat dan berhasil mengatasinya dengan menggunakan serum ini, yuk jangan sungkan berbagi pengalamannya di kolom komentar, ya bestih.



안녕!
Next Post Previous Post
4 Comments
  • Arina Mabruroh
    Arina Mabruroh 18 April, 2023

    Paling suka sama skincare yang bisa ngilangin bekas jerawat dan komedo. Problemku banget itu, jerawat udah 10th yang lalu masih belum ilang bekasnya. Trus komedo juga parah. Huhu.

  • Mbak Wid
    Mbak Wid 18 April, 2023

    Aku sekarang juga mulai rajin pakai serum, next jadi pengin nyobain yang ini. Kayaknya bagus banget hasilnya di kulit wajah, harga juga terbilang masih cukup terjangkau

  • Bang Day | Bede
    Bang Day | Bede 02 Juli, 2023

    Before pamer jam tangan

    • Sera Wicaksono
      Sera Wicaksono 11 Juli, 2023

      Wkwkwkw ssttt,,, ntar di-update yebang, letop masih karantina

Add Comment
comment url