Pengenalan Deposito BPR Melalui Aplikasi Komunal di Bali

deposito bpr

Teteh, annyeong! Teteh pasti sering denger kata deposito, dong. Nah kalau deposito BPR, pernah denger nggak, Teh? Atau jangan-jangan nggak tahu nih BPR itu apaan? Hehe. Kebetulan banget kemarin saya menghadiri gathering Komunal di Bali nih, jadi dapet bocorannya. 

Buat yang belum tahu aja nih ya, BPR itu singkatan dari Bank Perkreditan Rakyat. Eh, apaan itu Mak?

Jadi, bank itu ada 2 jenis nih Teh. Bank umum dan bank perkreditan rakyat atau yang disingkat BPR ini. Bank umum tentu saja bank yang paling sering kita jumpai dan gunakan untuk kebutuhan transaksi sehari-hari mulai dari nabung, transfer, hingga numpang lewatin gaji dan bayar-bayar tagihan doang itu, ehh. Sedangkan bank perkreditan rakyat atau BPR adalah bank yang, hmm, ntar saya jelasin di bawah, ya.

Kalau Teteh atau Mbok gek yang tinggal di Bali sih saya percaya pasti sudah familiar dengan bank yang satu ini, karena memang keberadaannya cukup banyak dan ada di hampir setiap titik.

Gathering Komunal di Bali Kenalkan Deposito BPR Menggunakan Aplikasi

Seperti yang sudah saya sebutin tadi, kebetulan kemarin saya diajak menghadiri acara gathering Komunal di Bali yang ingin mengenalkan deposito BPR menggunakan aplikasi secara aman. Acara gathering ini diadain di Level 21 Mall Denpasar yang kebetulan juga ada booth Komunal dengan berbagai promo menarik di sana.

komunal di bali

Selain dihadiri oleh sejumlah KOL, media, dan segenap tim dari BPR di Bali. Juga dihadiri oleh pemangku institusi keuangan dan perbankan. Yaitu Kepala OJK regional 8 Bali Nusa Tenggara, Bapak Giri Triboto, dan bapak I Ketut Wiratjana selaku ketua DPD Perbarindo Bali. Dalam kesempatan seru tersebut, hadir juga Co-founder & COO Komunal bapak Rico Tedyono.

Dari tadi nyebutin Komunal terus, apaan sih Mak?

Nah iya, Komunal.id merupakan perusahaan berbasis fin-tech untuk menjembatani kegiatan peminjaman dan pendaan yang salah satu layanannya adalah Komunal DepositoBPR. 

Definisi Fin-Tech (Financial Technology), Fintech merujuk pada penggunaan perangkat lunak dan platform digital untuk memberikan layanan finansial pada konsumen dengan jangkauan yang lebih luas hingga tak terbatas yang disertai dengan kecepatan, reliabilitas, dan efisiensi lebih. (sumber: simulasikredit.com)

Tentang BPR

Sesuai janji saya tadi, saya jelasin secara singkat aja ya tentang apa itu BPR.

BPR atau bank perkreditan rakyat adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha perbankan yang mana dalam kegiatannya tidak memberikan jasa lalu lintas pembayaran seperti pada bank umum. Sebagai khitahnya, BPR memiliki fungsi intermediasi atau perantara keuangan yaitu mengumpulkan dana masyarakat dan menyalurkan kembali ke masyarakat yang kemudian lebih identik sebagai bank kredit bagi pelaku usaha atau UMKM. 

Oiya, seperti pada bank umum, BPR juga terdiri dari BPR konvensional dan BPR berbasis syariah juga. Kalau di Bali sendiri saat ini sudah terdapat 1 BPR syariah dan 133 BPR konvensional.

Layanan produk BPR memang tak sebanyak bank umum, karena biasanya hanya terdiri dari tabungan, deposito, kredit, dan Sertifikat Bank Indonesia (SBI). Meski produk layanannya juga merupakan produk yang dimiliki oleh bank umum, namun terdapat beberapa perbedaan, loh. Diantaranya:

  • Bunga yang dijamin LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) pada BPR 2,5% lebih tinggi dibanding bank umum
  • Area penyaluran kredit pada BPR terbatas pada tingkat provinsi, sehingga lebih terfokus pada UMKM setempat
  • Peraturan digitalisasi pada BPR masih terbatas yakni hanya diperuntukkan pada BPR dengan nilai kapitalisasi >50M yang sementara ini baru mencapai 15% populasi saja.

Karena terbatas pada peraturan digitalisasi ini tentu masih banyak BPR yang hanya mengandalkan pada layanan offline. Sementara jaman ini, kita sudah terbiasa dengan kemudahan digital yang apa-apa serba online dan menggunakan aplikasi melalui ponsel. Nah gimana dong?

Tenang, karena Komunal hadir sebagai wadah digitalisasi untuk BPR yang notabene masih terhalang peraturan karena masih memiliki nilai kapitalisasi yang rendah.

Deposito BPR Aman

Tentang Komunal DepositoBPR

Komunal sebagai salah satu dari berbagai ragam Fintech di Indonesia, menjadi Funding Agent pertama yang melayani depositobpr. Yakni menghubungkan UMKM berpotensi dengan para pemberi dana untuk mendukung pertumbuhan perekonomian di Indonesia.

Sebagai perusahaan berbasis teknologi finansial yang memberikan layanan peer-to-peer lending, Komunal menjembatani dan menciptakan hubungan harmonis antara UMKM potensial yang membutuhkan modal dengan para pendana yang ingin mengembangkan dananya dengan imbal hasil dan bunga yang kompetitif hingga 6% sesuai dengan ketentuan LPS serta dijamin sepenuhnya oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). 

Deposito BPR Aman melalui aplikasi Komunal karena selain diawasi dan sudah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI), dan Fintech Indonesia. Aplikasi Komunal juga telah ter-verifikasi Management System ISO/IEC 27001:2013 yaitu sertifikasi ISO terbaru mengenai Information Security Management System (ISMS) atau Sistem Manajemen Keamanan Informasi.

Semudah membuka rekening tabungan bank umum secara online, saya juga sudah membuka account di aplikasi Komunal. Cukup mengisi data diri sesuai KTP atau data-data yang diperlukan dan foto selfie sesuai arahan dari aplikasi, kita sudah bisa membuka akun. Aplikasi Komunal juga memiliki banyak fitur yang dapat kita gunakan untuk memantau dana simpanan kita, salah satunya laporan keuangan.

Dengan aplikasi Komunal ini kita bisa melakukan deposito BPR Aman tanpa perlu mendatangi kantor BPR dan bebas pilih BPR mana aja yang kita mau. Cocok banget buat Teteh yang sibuk kerja kantoran dan nggak ada waktu, atau juga yang sibuk jalan-jalan ngurus si kecil. Yang pasti tetap terjaga keamanannya, baik dari keamanan informasi data di aplikasi maupun jaminan keamanan dana simpanan dari LPS.

Nah gitu ya kira-kira yang berhasil saya pahami dari penjelasan bapak Albert Kurniawan selaku Vice President of Komunal. Oiya, buat Teteh dan Mbok gek yang stay di Bali, bisa mampir ke booth Komunal di lantai dasar Level 21 Mall nih. Ada banyak promo menarik loh hingga akhir bulan Februari. Salah satunya deposito dapet emas, atau, dapatkan cashback hingga 1,5 juta dengan kode referral.

Komunal DepositoBPR

Mau? Cuss download aplikasinya, lalu daftar akun menggunakan kode referral: SD9007. Setelah akun Teteh ter-verifikasi dan aktif, Teteh juga bisa membagikan kode referral Teteh ke temen-temen Teteh buat dapetin cashback hingga 1,5 juta.

Oke deh, sekian dulu ya cerita tentang deposito BPR dan keseruan saya kemarin di acara gathering Komunal di Bali. Semoga bermanfaat.



안녕!

Next Post Previous Post
1 Comments
  • Yuni Handono
    Yuni Handono 19 Februari, 2022

    Makin banyak aplikasi keuangan yang recommended ya. Dan Komunal ini sepertinya patut dicoba.

Add Comment
comment url