Tips Cara Awet Muda di Usia 40+ Tahun

cara awet muda di usia empat puluhan

Wanita mana yang tak ingin awet muda. Bahkan, kini para pria juga mulai memikirkan kesehatan kulit. Di usia belia, kulit kita boleh saja baik-baik saja tanpa perawatan tertentu. Tapi, saat memasuki usia tiga puluh apalagi 40++ tahun, hmm, bukan saatnya kita bersyanda dengan perawatan kulit ini ya Temans. Tapi jangan khawatir, karena saya akan sharing beberapa tips cara awet muda.

10 Cara Awet Muda di Usia 40++ Tahun

Pada dasarnya, menjelang usia 40 tahun itu, terasa sekali perbedaan kondisi kulit kita. Namun kita bisa mencegahnya seminimal mungkin dan sedini mungkin. memasuki usia 30 tahun, kulit akan mulai mengalami penurunan kadar kolagen alami kulit. Penurunan kolagen ini dapat mengakibatkan penurunan kekenyalan atau elastisitas kulit kita.

Cara termudahnya tentu saja harus merawatnya dengan skincare ya, Temans. Skincare itu sendiri banyak macamnya, dan variasi harganya. Pemilihan skincare juga harus sesuai dengan jenis kulit kita, apakah berminyak, kering, normal, atau kombinasi. Setiap individu juga tidak bisa disama-ratakan perihal merek skincare ini. Karena masing-masing kulit memiliki daya absorb yang berbeda meski sama-sama berjenis kulit yang sama.

Nah tapi, apa saja sih cara awet muda selain perawatan dengan skincare ini? Yuk baca sampai akhir ya Temans.

Menua itu pasti, keriput juga nggak bisa ditolak, tapi tampil muda lebih lama itu pilihan.

1. Cukup Istirahat

Usia 30 boleh dibilang adalah usia paling produktif dalam siklus hidup manusia. Banyak sekali rutinitas atau kegiatan yang harus kita lakukan. Apalagi jika kita memilih untuk berkarir. Di usia 30an, kita sebagai wanita juga umumnya telah berkeluarga dan memiliki anak. Sehingga, tak hanya kesibukan kita dalam pekerjaan, kita juga akan semakin disibukkan dengan urusan pekerjaan domestik rumah tangga yang nyaris tak ada habisnya itu. 

Setuju? Setuju dong...

Jika dihitung-hitung, rasa-rasanya waktu 26 jam sehari itu belum cukup. Ya kan? Tapi perlu diketahui, Temans. Cukup tidur dengan kualitas yang baik itu penting, lho. Artinya, kita butuh waktu tidur 6 hingga 8 jam setiap malam. Tak hanya durasi saja, jam tidur yang sehat adalah di bawah jam 11 malam. Idelanya, jam tidur yang baik itu dimulai dari jam 9 malam, atau maksimal jam 10 malam. 

Bangun pagi itu harus! Kenapa?

Bagi seorang muslim, ada kewajiban melaksanakan sholat subuh. Pun bagi beberapa agama lain, setahu saya juga memiliki jadwal ibadah pagi. Benefit lainnya, udara pagi yang masih segar akan memberi kita asupan energi positif untuk menjalani seluruh kegiatan selama seharian nantinya.

Sedikit tips, sebelum tidur sebaiknya bersihkan wajah terlebih dahulu. Gunakan serum atau krim malam untuk membantu me-regenerasi sel-sel kulit. Tidur dengan minim cahaya sangat membantu mengoptimalkan pembentukan sel-sel kulit baru. Bahkan, tidur dengan minim cahaya ini sesuai dengan sunnah Rasulullah, lho.

2. Makanan Bernutrisi

Junk food, hari gini siapa yang tidak terpapar? Mungkin ada, tapi saya yakin jumlahnya belum sebanyak yang doyan junk food ini. Apalagi, saat ini belum disebut kekininan kalau belum "junk food". Siapa yang ngak ngiler dengan beragam makanan kekinian yang super duper over gula, over kalori, dan over-over lainnya. Saya contohnya, hehe.

Ditambah lagi dengan polusi yang terhirup dan terserap ke dalam jiwa dan raga. Tentu semakin menambah daftar panjang paparan polusi yang mengusik tubuh kita. Untuk mengimbanginya, kita perlu mengonsumsi makanan bernutrisi dengan gizi yang seimbang. 

Jadi makanan bernutrisi itu bukan full sayur, atau full protein, ya Temans. Tetapi seimbang. Sebagai patokan sederhana "isi piring" adalah 2:1:1. Yaitu 2 bagian untuk sayuran, 1 bagian untuk protein hewani + nabati, dan 1 bagian lagi untuk karbohidrat. Atau teman-teman juga bisa menerapkan pola 1/3 bagian di isi karbohidrat (nasi), 1/3 bagian diisi sayuran, dan 1/3 bagian lagi diisi dengan lauk hewani + buah. Pada dasarnya semua kembali pada kebutuhan tubuh kita masing-masing, ya temans.

Baca ini juga: Diet nyaman, cara mudah turunkan berat badan


3. Olahraga Teratur

Di tengah kesibukan rebahan kita yang seharian nggak cukup tadi. Kita juga butuh untuk berolahraga untuk membantu mempercepat tubuh dalam proses metabolisme. Lakukan minimal 30 menit jalan sehat di pagi hari. Lakukan olahraga secara rutin minimal 3 kali dam seminggu. Jangan lupa untuk melakukan peregangan otot juga ya Temans. 

Dengan berolahraga secara teratur, tubuh pun menjadi terlatih untuk tetap aktif dan tentu saja membantu membuang sisa-sisa racun dalam tubuh melalui keringat.

4. Piknik

Boleh jadi piknik itu bagian dari "healing" ya, Temans. Tapi jangan sampai keliru, "healing" itu artinya penyembuhan. Dan, orang yang sedang menjalani "healing" dengan terapi piknik itu biasanya sedang mengalami masalah sakit mental. Jadi, mulai sekarang jangan dikit-dikit bilang healing ya, Temans. Hehe.

Piknik sendiri tak perlu harus jauh hingga ke benua lain. Piknik "tipis-tipis" ke taman kota juga cukup bisa me-refresh kepenatan kita, lho. Tujuannya agar kita bisa kembali bersemangat dan menemukan ide-ide baru dalam pekerjaan kita sehari-hari. 

Piknik juga berfungsi untuk menjaga kesehatan mental kita agar tidak sampai pada titik yang disebut terapi "piknik untuk healing".

5. Positive Thinking

Setelah me-refresh otak dengan asupan hal-hal positif, jangan lupa tetap menjaganya dengan selalu berpikir positif. Boleh saja sekali-kali berpikir negatif, artinya berpikir dalam sudut pandang yang berbeda. Namun hanya bertujuan untuk mengantisipasi segala kekhawatiran, dan jangan sampai berkelanjutan. Apalagi julid-in orang, hehe.

Positive thinking itu terlihat sepele, namun manfaatnya sangat luar biasa, lho. Karena apa-pun yang kita pikirkan akan terpancar pada aura kita. Pikiran negatif akan mengirimkan sinyal negatif pada pancaran aura kita. Nggak mau dong, sudah mahal-mahal perawatan tapi auranya kusam.


me-time ala saya:
nonton yang bening-bening begini ^,^

Baca disini: Drama Pamitan Lee Jong Suk sebelum wajib militer


6. Me Time

Kata siapa emak rumah tangga nggak bisa me-time? Siapa bilang punya anak kecil tidak bisa me-time?Di banyak sela-sela kesibukan kita "bekerja di rumah" dan mengurus anak-anak, kita bisa loh mengatur waktu untuk "mencuri" waktu buat me-time. 

Saat bayi tidur, misalnya.

Kalau ngantuk boleh ikutan tidur, mungkin karena lelah begadang semalaman. Tapi jika tidak ngantuk, bolehlah nonton drama korea *tetep ya, drakor judulnya.

Atau misalnya gunakan waktu untuk memanjakan diri dengan apa yang disukai. Misalnya karaoke di rumah, bahkan kini banyak sekali aplikasi karaoke yang bisa menghasilkan cuan. Contohnya lagi, melakukan perawatan kulit seperti luluran atau maskeran. Dan banyak lagi, termasuk salah satunya menulis di blog seperti ini. Boleh dibilang ngeblog juga bagian dari "me-time" saya, karena saya bisa bercengkerama dengan banyak kata di otak saya. *halah mbel.

Lebih bagus lagi, jika pasangan dan anggota keluarga mau mensupport kita untuk bisa mendapatkan waktu me-time kita. Beruntung saya memiliki support system yang bisa memberi saya waktu luang untuk mengerjakan apa pun yang saya sukai (selama itu positif). Bahkan bersedia menjaga anak-anak saat saya ingin fokheuz nonton oppa. hehe.

7. Jadilah Diri Sendiri

Yup!

Tidak ada gading yang tak martin retak. Nggak ada manusia sempurna, karena kesempurnaan hanya milik Tuhan pemilik alam semesta. *asekkk. Boleh punya panutan, boleh punya idola, boleh punya tokoh yang menginspirasi dalam segala hal, tapi...

Tetaplah menjadi diri sendiri dengan segala keunikan yang kita miliki. Percayalah, Allah menciptakan setiap makhluk-Nya dengan penuh cinta, dengan "cita-rasa" masing-masing. Nggak perlu nanya sama rumput yang bergoyang, dia udah capek ngobrol sama Om Ebiet, tanya saja pada hati masing-masing di mana kenyamanan itu berada.

8. Memperluas Jaringan Sosial

Luaskan jaringanmu! Jangan puas menjadi katak dalam tempurung. Berteman dengan banyak teman "virtual", boleh. Tapi jangan lupa untuk berteman dengan manusia yang nyata dan berada di sekeliling kita. Tertawa lebar dengan teman nyata jauh lebih menarik daripada sekedar emoticon yang tertawa, bukan?

Berteman dengan banyak kalangan positif juga dapat memperluas wawasan kita, sehingga kita pun terdorong untuk ikut positif.

9. Perawatan wajah & tubuh

Dan yang tak kalah penting, tentunya melakukan perawatan. Apapun itu pastilah butuh yang namanya perawatan. Misalnya motor, mobil, rumah, tanaman, dan banyak hal.

Nah, tubuh kita juga butuh itu. Baik perawatan ke salon atau klinik-klinik kecantikan, maupun perawatan di rumah. Kalau perawatan ke klinik kecantikan tentunya membutuhkan biaya yang tak sedikit. Jadi buat kaum mendang-mending, boleh kok perawatan di rumah. Ya kalau bisa sesekali tetap ke salon atau klinik kecantikan ya, Emaks. 

Ini dia step by step perawatan wajah by self yang harus kita perhatikan agar hasilnya maksimal.

  • Pembersihan dengan menggunakan cleanser, sebaiknya gunakan double-cleanser untuk hasil maksimal, yaitu dengan 2 jenis cleanser. misalnya jenis lotion dan facial wash. sesuaikan dengan kebutuhan kulit kalian ya genks.
  • Gunakan exfoliant, exfoliant berjenis BHA dapat masuk hingga ke dalam jaringan minyak sehingga mampu membersihkan sisa-sisa minyak yang terperangkap di dalam pori-pori. Gunakan ini maksimal 3x dalam seminggu, terlalu sering mengunakan exfoliant juga dapat mengiritasi lapisan kulit 
  • Gunakan Toner sesuai dengan kebutuhan kulit, misalnya berjerawat, sensitif atau kering.
  • Gunakan essence setiap pagi dan malam sebelum menggunakan pelembab.
Saya menggunakan New Revitalift crystal micro-essence smoothing + radiance dari Loreal Paris.


new revitalift crystal micro essence dari loreal paris

Kandungan aktif

Essence ini mengandung Centella Asiatica yang sangat efektif dalam merangsang proses pembentukan sel baru dan meningkatkan produksi Collagen.

Juga dilengkapi dengan skin brightening actives, yaitu salycilic acid dapat membatu menyamarkan pori dan menjaga kehalusan kulit, serta mild exfoliating hepes yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati sehingga kulit nampak lebih bersih dan cerah.

Tekstur dan Aroma

Dengan menggunakan terobosan baru, New Revitalift crystal micro-essence smoothing + radiance dari Loreal Paris ini hadir dengan tekstur seperti air, sehingga ringan dan mudah meresap serta tidak terasa lengket.

Memiliki wangi yang sangat lembut sekaligus relaksasi.

Cara Penggunaan

Tuang 3-4 tetes ke telapak tangan lalu usap ke wajah yang telah dibersihkan kemudian tepuk-tepuk perlahan untuk membantu mempercepat peresapan. Gunakan sebelum penggunaan pelembab ya, Temans.

Dengan penggunaan teratur selama seminggu ini, kulit wajah saya yang biasanya kering kerontang, pun berangsur lebih lembab dan terasa lebih kenyal elastis.


new revitalift micro essence loreal
tuang 3-4 tetes ke telapak tangan,
lalu usapkan merata ke seluruh wajah sambil ditepuk-tepuk manja

Kemasan

Revitalift essence besutan Loreal Paris ini tampil menawan dengan botol kaca doff dan tutup ulir berwarna silver yang semakin membuatnya tampak elegan.

How to Purchase?

Banyak di toko offline maupun online, seperti Sociolla.

  • Jangan lupakan moisturizer. ini penting! 

Moisturizer ini ada 2 jenis, yaitu bersifat menghidrasi atau hydrating dan bersifat mengikat kelembaban. Pelembab dengan sifat menghidrasi biasanya mengandung bahan: aloe vera, hyaluronic acid, dan atau glycerin. Sedangkan pelembab yang bersifat mengikat kelembaban kulit, biasanya berbahan: beeswax, petrolatum (petroleum jelly) atau zinc. Kandungan ini mampu menahan air hingga 98%.

Sebaiknya gunakan pelembab dengan fungsi hydrating terlebih dulu untuk meningkatkan kadar air dalam kulit, setelahnya, temen-temen bisa menguncinya dengan moisturizer yang bersifat mengikat air tadi. Namun, untuk pemilik kulit sensitif, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli kecantikan langganan temen-temen.

10. Bersyukur

Kunci pamungkas dari segala cara adalah Bersyukur. sepele!

tapi...

Dengan bersyukur, maka hati menjadi lebih tenang, dan ketenangan membuat kita bahagia, maka bahagia membuat kita awet muda. *eaaaa

Nah, the last but not least adalah dipraktikkan ya Temans. Jangan berhenti hanya di wacana saja, nanti awet mudanya juga hanya wacana, loh. #ngomong sama cermin.

Baiklah, semoga tips-tips di atas dapat bermanfaat buat Temans semua, ya. Bukan kita menolak tua, tetapi kita menikmati aura muda lebih lama. *halah



안녕!
Next Post Previous Post
2 Comments
  • atinnuratikah
    atinnuratikah 22 November, 2019

    Yang terakhir benar sekali. Apapun yang sudah dilakukan dan diperjuangkan demi mendampatkan kulit cantik yang didamba adalah bersyukur atas rezeqi dari Allah sehinga hingga hari ini kita masih bisa skinkeran. Wkwkwk.

    Salam kenal ya mba

    • Sera Wicaksono
      Sera Wicaksono 22 November, 2019

      salam kenal balik mba atin ^,^

Add Comment
comment url